Tips Aman Tangkap Ular Sanca Kembang Ukuran Raksasa

- 17 Mei 2024, 17:00 WIB
Proses penangkapan ular sanca kembang oleh Tim Unit Damkar Kota Banjar, baru-baru ini.
Proses penangkapan ular sanca kembang oleh Tim Unit Damkar Kota Banjar, baru-baru ini. /Kabar Banjar/D.Iwan

KABAR BANJAR - Ular jenis sanca kembang berukuran raksasa banyak yang berkeliaran belakangan ini. Terbaru, ular sanca kembang berukuran 2,5 meter. Ular ini sudah memangsa dua ekor bebek milik Sumarni warga Dusun Sukanegara, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Sebelumnya, ular sanca kembang berukuran lebih besar, memiliki panjang 3,5 meter berkeliaran di rumah milik Erwin, warga Dusun Purwodadi, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Kehadiran ular berukuran besar yang ditemukan berturut-turut, berselang beberapa hari ini membuat resah masyarakat Banjar. Karena, hampir semua orang yang melihatnya ular dengan jarak dekat akan merasa takut digigit. Apalagi, jika ular itu berbisa.

Proses penangkapan ular sanca kembang oleh Tim Unit Damkar Kota Banjar, menggunakan alat pencapit.
Proses penangkapan ular sanca kembang oleh Tim Unit Damkar Kota Banjar, menggunakan alat pencapit. Kabar Banjar/D.Iwan
Menyikapi maraknya ular yang berkeliaran, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kota Banjar, Aam Amyjaya, berharap kepada semua masyarakat saat melihat ular berukuran besar supaya tetap tenang dan jangan langsung panik.

" Tips teraman pertama, jauhi ular dan awasi lokasi persembunyiannya. Selanjutnya, lapor dan minta bantuan yang ahli menangkap ular. Boleh ke BPBD Kota Banjar juga itu," ucap Aam Amyjaya.

Adapun tips cara menangkap ular, dikatakan dia, disarankan oleh ahlinya. Menurutnya, terenting saat mau menangkap ular itu jangan panik dan selalu minta bantuan orang lain jika ular yang mau ditangkap berukuran besar. Karena, biasanya ular berukuran besar itu tanaganya juga besar dan sulit ditaklukan.

Proses penangkapan ular sanca kembang oleh Tim Unit Damkar Kota Banjar, baru-baru ini.
Proses penangkapan ular sanca kembang oleh Tim Unit Damkar Kota Banjar, baru-baru ini. Kabar Banjar/D.Iwan
" Saat mau menangkap ular itu diharuskan secara perlahan-lahan dan tenang. Ini penting supaya ular yang ditangkap tak melawan dan tak agresif ," ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tips teraman saat mau menangkap ular itu, menggunakan alat snake hook (pencapit ular). Setelah tercapit dekat kepalanya, kemudian dipegang dari belakang kepalanya dan mulutnya dilakban.

Selanjutnya, tubuh ular diangkat dan dimasukan ke box atau karung. Selanjutnya, ular itu diserahkan kepada seorang ahli memelihara ular, seperti komunitas reptil.***

Editor: Dede Iwan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah