Alun-alun Banjar Barometer Keramaian Kota, Ubah Kesepian Siang Hari Jadi Keramaian Malam Mirip Pasar

- 14 April 2024, 10:04 WIB
Keramaian alun-alun Banjar saat malam hari. Berbeda, siang hari walaupun libur tetap sepi.
Keramaian alun-alun Banjar saat malam hari. Berbeda, siang hari walaupun libur tetap sepi. /Kabar Banjar/D.Iwan

KABAR BANJAR - Alun-alun Banjar terkenal menjadi jantungnya Kota Banjar, Jabar. Selintas tidak ada yang istimewa, mulai luas alun-alun maupun penataan taman atau lampu-lampu selama ini.

Kondisi alun-alun Banjar melebihi tengah malam sampai sore hari terasa sepi, termasuk pagi hari walaupun weekend atau libur panjang sekalipun.

Mulai ada riak keramaian, alun-alun Banjar dirasakan sore sampai malam hari. Saking banyaknya pedagang, suasana malam di alun-alun Banjar yang siangnya sepi langsung berubah drastis sejak sore itu, menjadi layaknya pasar malam.

Keberadaan alun-alun Banjar yang meriah malam hari seperti ini, menjadi pilihan tempat wisata gratisan yang menyanangkan untuk sebagian masyarakat daerah pelosok perkampungan Kota Banjar dan sekitarnya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Aquarium Indonesia Pangandaran, Terbesar dan Terlengkap di Indonesia

Baca Juga: Fasilitas Objek Wisata Batu Hiu Pangandaran, Pilihan Tepat Kunjungan Wisata Libur Lebaran

Saat malam tiba, tersaji ragam kuliner dengan biaya murah yang bikin kenyang untuk acara keluarga dan pasangan muda mudi. Selain itu, banyak lagi wahana permainan anak yang membahagiakan orang tua karena cukup irit biaya, tapi menyenangkan anak.

Keberadaan alun-alun Banjar ini, terasa lengkap sekali untuk para kaula muda pecinta game online atau yang hobi nonton film sepuasnya, karena alun-alun Banjar sudah dilengkapi fasilitas wifi gratis. Cukup bawa gadget, tak perlu beli kuota.

Alun-alun Banjar menjadi tempat salat Idul Fitrin1445 H tingkat Kota Banjar, Rabu (10/4/2024).
Alun-alun Banjar menjadi tempat salat Idul Fitrin1445 H tingkat Kota Banjar, Rabu (10/4/2024). Kabar Banjar/D.Iwan
Kemudian, pengunjung alun-alun Banjar muslim dan berniat mau beribadah saat tiba waktu salat, sangat mudah melangkah dan berangkat ke Masjid Agung. Posisinya, bersebelahan dengan alun-alun Banjar.

Tidak jauh dari alun-alun Banjar, masyarakat bisa langsung melihat Pendopo Wali Kota Banjar dari Alun-alun Banjar.  Keberadan Pendopo ini, terkenal mampu mempertahankan kondisi bangunan original selama puluhan tahun sejak pisah dari Kabupaten Ciamis. Walaupun sempat terbakar dan banyak bangunan baru di Kota Banjar selama ini.

Halaman:

Editor: Dede Iwan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah