Bulan Bahasa Gelorakan Puisi Spirit Kebangsaan. Kadisdik : Puisi Kritik Elegan untuk Kebaikan

- 17 September 2023, 18:49 WIB
KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, H.Kaswad (tengah) difoto bersama Pengurus YRBK dan Finalis Lomba Baca Puisi Tingkat SD/MI di Aula Saung Oemah, Sabtu (16/9/2023).
KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, H.Kaswad (tengah) difoto bersama Pengurus YRBK dan Finalis Lomba Baca Puisi Tingkat SD/MI di Aula Saung Oemah, Sabtu (16/9/2023). /Kabar Banjar/D.Iwan

KABAR BANJAR - Menyambut Bulan Bahasa, Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) menggelar Lomba Cipta Puisi untuk Guru di Kota Banjar dan Lomba Baca Puisi Tingkat Pelajar Tahun 2023. Dari 154 pelajar,  sebanyak 23 peserta melaju ke babak final dan bersaing ketat saat penilaian terakhir di Aula Saung Oemah, Sabtu (16/9/2023).

Diketahui, Bahasa Indonesia resmi ditetapkan sebagai Bahasa Nasional, sekaligus Bahasa Persatuan. Kelahiran Bulan Bahasa dan Satra Indonesia ini rutin diperingati setiap Bulan Oktober. Tepatnya, bersamaan Hari Sumpah Pemuda selama ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar,  Drs, H, Kaswad, M.Pdi., mengapresiasi Lomba Cipta dan Baca Puisi yang digelar YRBK dengan peserta Pelajar dan Guru di Kota Banjar.

" Lomba ini sangat positif dan konstruktif. Melalui Puisi kita bukan hanya bisa berekspresi, tapi juga bisa menyampaikan kritik secara elegan untuk kebaikan. Terkadang kalau dikritik turun ke jalan, seperti demontrasi biasanya kurang disukai dan munculnya antipati. Tetapi, saat dikritik dengan puisi jauh lebih elegan ," ucap H.Kaswad.

Baca Juga: Penolakan Penjabat Kepala Daerah Bermunculan. Tokoh : Potensi Kegaduhan Pemilu

Baca Juga: Resmi Berakhir 4 Desember 2023. Ketua DPRD : Penunjukan Calon Penjabat Wali Kota Harus Transparan

Baca Juga: Pengamanan Humanis Ubah Bersitegang Jadi Bersalaman dan Makan Bersama

Lebih lanjut Kadisdik Kota Banjar, mengucapkan selamat dan terima kasih Pak Sofian dan YRBK yang konsisten mendorong para siswa dan guru untuk berkarya positif, memotivasi semangat kebangsaan melalui lomba Baca dan Cipta Puisi jelang Bulan Bahasa Oktober 2023.

" Semoga partisipasi dari komunitas sekolah. Baik, siswa, guru dan kepala sekolah ini, menjadi spirit  untuk meningkatkan semangat kebangsaan. Yakni, melalui pintu sastra dan kebahasaan di Kota Banjar ," ucapnya.

PESERTA LOMBA Cipta Puisi Kota Banjar
PESERTA LOMBA Cipta Puisi Kota Banjar Kabar Banjar/D.Iwan
Penanggung Jawab Program Penguatan Komunitas Satra, YRBK, Sofian Munawar didampingi Ketua YRBK, Siti Maroah, Lomba Cipta dan Baca Puisi yang digelar YRBK ini didukung Program Penguatan Komunitas Sastra, Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek RI.

Halaman:

Editor: Dede Iwan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah