Tips Mudik Lebaran : Meninggalkan Rumah dengan Aman dan Nyaman

- 9 April 2024, 15:14 WIB
Tips meninggalkan rumah dengan aman dan nyaman.*
Tips meninggalkan rumah dengan aman dan nyaman.* /Ilustrasi/kolase/freepix

KABAR BANJAR - Mudik Lebaran adalah tradisi Tahunan yang ditunggu-tunggu banyak orang untuk berkumpul bersama dengan Keluarga di Kampung Halaman.

Akan tetapi, meninggalkan rumah dengan waktu yang cukup lama biasanya akan menimbulkan kekhawatiran dengan kondisi dan keamanan rumah yang ditinggalkan.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar dapat meninggalkan rumah dengan rasa yang aman dan nyaman pada saat Mudik Lebaran:

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran Aman saat Perjalanan dengan Kendaraan Umum

  1. Periksa dan Matikan Sumber Listrik

Periksa dan Matikan beberapa sumber listrik yang bisa menimbulkan risiko korselting dan kebakaran. Lebih baik juga untuk mencabut listrik dan mengkosongkan kulkas untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Cabut juga perangkat elektronik lain dari stop kontak sebagai langkah pencegahan.

  1. Tutup Kran Air

Periksan dan Tutup kran air untuk menghindari kebocoran air, banjir dan pemborosan air.

  1. Periksa kembali kompor dan sumber api lainnya

Pastikan kompor dalam keadaan mati untuk menghindari resiko kebakaran. Pastikan juga untuk mengecek kran gas untuk mencegah kebocoran gas.

Baca Juga: Arus Mudik dan Balik Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk Bali, Baik dan Lancar

  1. Tutup Pintu dan Jendela

Pastikan semua pintu dan jendela telah terkunci dengan baik. Gunakan gembok tambahan atau sistem keamanan lain untuk meningkatkan keamanan. Jangan pernah meninggalkan kunci pintu di tempat tersembunyi di luar rumah.

Halaman:

Editor: Alis Nugraha


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah